Rabu, 30 September 2015

Ilmu Grafik Komputer & Pengolahan Citra



TUGAS
(GRAFIK KOMPUTER & PENGOLAHAN CITRA)


NAMA  :  HARUM RAHAYU
              KELAS : 2KA09
              NPM     : 19113721
              DOSEN : Aviarini Indrati




UNIVERSITAS GUNADARMA
TAHUN 201
5/2016
DAFTAR ISI

 

 

 

 






KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan bimbingan-Nya makalah Grafik Komputer & Pengolahan Citra yang bertema perbedaan antara Ilmu Grafik Komputer & Pengolahan Citra  ini dapat diselesaikan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Aviarini Indrati selaku Dosen. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Grafik Komputer & Pengolahan Citra.
Saya menyadari makalah ini belum sempurna.
Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca, demi kesempurnaan pembuatan makalah ini di hari yang akan datang. Saya ingin mengucapkan terima kasih pada beberapa pihak yang telah berjasa dalam penyusunan makalah ini. Semoga Tuhan membalas kebaikannya dengan berkat yang lebih besar. Terima kasih.
Akhirnya kami berharap semoga makalah ini bermanfaat khususnya bagi kami dan umumnya bagi pembaca.


Depok, 30  September 2015














BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

Perlu di ketahui bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari grafik komputer dan mungkin pengolahan citra .Grafik komputer sendiri mempunyai banyak manfaat dan ilmu yang sangat cepat berkembang pada saat ini dan mungkin masa depan. Perkembangan ini didukung oleh munculnya prosesor-prosesor komputer yang cepat dan kartu grafik yang semakin canggih dan hebat.
Sebelum membahas tentang maanfaat ilmu grafik komputer dan pengolahan citra, saya akan menjelaskan pengertianya. Yaitu pengertian grafik yang berbeda dengan citra, citra adalah gambar yang diperoleh dengan alat pengambilan gambar (seperti : mata manusia, kamera, scanner, sensor satelit, dll). Sedangkan grafik adalah gambar yang dibuat dengan cara tertentu.

B.  Teori Dan Landasan Masalah

Adapun teori dan landasan di dalam penulisan Makalah kami ini adalah sebagai berikut :
1.      Pengertian Ilmu Grafik Komputer & Pengolahan Citra
2.      Perbedaan Ilmu Grafik Komputer dengan Pengolahan Citra
Dari uraian di atas kami akan semaksimal mungkin untuk menjelaskan definisi – definisi dan perbedaan Ilmu Grafik Komputer & Pengolahan Citra .

C.  Rumusan Masalah

Berdasarkan Penjelasan Latar belakang di atas di dalam Penulisan Makalah, akan kami angkat permasalahan, yang terdapat mengenai  isi di dalam makalah yang tercantum di bawah ini :
1.      Pengertian Ilmu Grafik Komputer & Pengolahan Citra ?
2.      Perbedaan Ilmu Grafik Komputer & Pengolahan Citra ?

BAB II

PEMBAHASAN

A.    Grafik Komputer

Ilmu Grafik Komputer atau grafika computer (computer graphics) merupakan proses untuk menghasilkan atau menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar-belakang yang terkandung pada gambar tersebut dengan menggunakan komputer. Bentuk dari grafik komputer ini berawal dari grafika komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D.
Ilmu komputer mempunyai dua cabang ahli yaitu pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition).  Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Bagian dari grafika komputer meliputi:
1.      Geometri              :  mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang 
2.      Animasi                :  mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan 
3.      Rendering            :  mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya 
4.      Citra (Imaging)     :  mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

Contoh Grafik komputer dalam kehidupan sehari – hari :

1.      Bidang hiburan,misalkan pada film,grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik.
https://zaenalafandi.files.wordpress.com/2012/09/transformer11.jpg?w=300&h=240
Gambar 1 Contoh dalam sebuah Film
2.      Bidang Pendidikan, grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.
https://zaenalafandi.files.wordpress.com/2012/09/presentasi-bill-gates-4-re.jpg?w=300&h=199
Gambar 2 Contoh sebuah Presentasi
3.      Computer Art, Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
https://zaenalafandi.files.wordpress.com/2012/09/index.png?w=285&h=300
Gambar 3 Gambar GIMP – Aplikasi Image Editing untuk Digital Art
4.      Video Game, Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices.
https://zaenalafandi.files.wordpress.com/2012/09/indexr.png?w=540https://zaenalafandi.files.wordpress.com/2012/09/indexfdf.png?w=300&h=226
Gambar 4 Gambar Video Game menggunakan Grafik Komputer, Tetris dan PES
5.      Computer-Aided Design (CAD), CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan, mobil,pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya.
https://zaenalafandi.files.wordpress.com/2012/09/t.png?w=300&h=215
Gambar 5 Contoh Gambar Auto CAD
6.      Computer-Aided Sofware Engineering (CASE), CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan Dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
7.      Virtual Reality, Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat Berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.
8.      Visualisasi Data, Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk Mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun nyata sejak permulaan manusia. Contoh: visualisasi dari struktur protein, strutur suatu website, visualisasi hasil data mining.

B.    Pengolahan Citra

Pengolahan Citra (Image Processing) merupakan proses memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer. Teknik pengolahan citra dilakukan dengan mentrasformasikan citra menjadi citra lain, misalnya: pemanfaatan citra (image compression). Pengolahan citra merupakan proses awal (preprocessing) dari komputer visi. Pengelompokkan data numerik dan simbolik (termasuk citra) dilakukan secara otomatis oleh komputer agar suatu objek dalam citra dapat dikenali dan diinterpreasi. Pengenalan pola adalah tahapan selanjutnya atau analisis dari pengolahan citra. Citra ada 2 macam:
1.      Citra Kontinyu. Dihasilkan dari sistem optik yang menerima sinyal analog.     Contoh: mata manusia, kamera analog.
2.      Citra Diskrit / Citra Digital dibentuk dari pixel-pixel yang tergabung dalam satu kesatuan yang membentuk sebuah citra yang hanya dapat dibuka dengan komputerisasi.
Contoh pengolahan citra dalam kehidupan sehari – hari :
1.      Bidang kesehatan, digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan di tubuh.
https://zaenalafandi.files.wordpress.com/2012/09/nailedhimself-sinar-x.jpg?w=300&h=251
Gambar 6 Contoh Gambar Rontgen
2.      Bidang visual, bisa digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain.
https://zaenalafandi.files.wordpress.com/2012/09/8_kk_karam.jpg?w=300&h=206
Gambar 7 Contoh Gambar yang di ambil oleh Satelite
3.      Mikroskop elektron adalah salah satu contoh dari pengolahan citra dalam bidang kedokteran, yang di maksud dengan mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop yang dapat memperbesar detail sangat kecil dengan kekutan sehingga menyelesaikan tinggi akibat penggunaan elektron sebagai sumber penerangannya. Pembesaran dalam hal ini di tingkat hingga 2.000.000 kali. Adapun kegunaan dari mikroskop elektron yaitu digunakan dalam  patologi anatomi. Patologi anatomi ini berfungsi untuk mengindentifikasi organel dalam sel namun kegunaanya telah sangat dikurangi dengan immunhistochemistry tetapi masih tak tergantikan untuk diagnosis penyakit ginjal, identifikasi sindrom silia immotile dan banyak tugas-tugas lainnya.
Berdasarkan tujuan transformasi operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut :
·         Perbaikan kualitas citra (image enchacement) tujuan memperbaiki kualitas citra dengan memanipulasi parameter-parameter citra.
·         Pemugaran citra (image restoration) tujuan menghilangkan cacat pada citra. Dengan hal ini penyebab degradasi citra diketahui.
·         Pemampatan citra (image compression) tujuan citra direpresentasikan dalam bentuk lebih kompak, sehingga dapat mempertahankan kualitas gambar dengan memori yang lebih sedikit (misalnya .BMP menjadi .JPEG).
·         Segmentasi citra (image segmentation) tuuan memecah sutu citra ke dalam beberapa segmen dengan suatu criteria tertentu.
·         Analisis citra (image analysis) tujuan menghitung besaran kuantitatif dari citra untuk menghasilkan deskripsinya. 
·         Rekontruksi citra (image reconstruction) tujuan membentuk ulang objek dari beberapa citra hasil proyeksi.

C.     Perbedaan Grafik Komputer dan Pengolahan Citra

Perbedaan antara grafik komputer dengan pengolahan citra adalah dalam grafik komputer dilakukan proses untuk menghasilkan suatu gambar dari awal dengan menggunakan komputer. Bentuk sederhana dari grafik computer adalah garfik computer 2D kemudian berkembang menjadi grafik computer 3D, pemrosesan citra / image processing dan pengenalan pola / pattern recognition, contoh : membuat citra realistik untuk seni, game komputer, foto, animasi komputer, dll).
Sedangkan pengolahan citra, gambar di input ke dalam proses pengolah citra / gambar yang sudah tersedia sehingga mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer dengan melakukan transformasi suatu citra menjadi citra baru yang lain.


BAB III

PENUTUP

Kesimpulan dan saran

Demikianlah makalah yang saya buat tentang Grafik Komputer dan Pengolahan Citra. Banyak hal yang belum terdokumen dalam makalah ini, kritik dan dan saran buat kelengkapan makalah ini, sangat saya harapkan. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih
Daftar Pustaka


1 komentar: