TUGAS
(GRAFIK KOMPUTER & PENGOLAHAN
CITRA)
NAMA : HARUM RAHAYU
KELAS : 2KA09
NPM : 19113721
DOSEN : Aviarini Indrati
NPM : 19113721
DOSEN : Aviarini Indrati
UNIVERSITAS GUNADARMA
TAHUN 2015/2016
TAHUN 2015/2016
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan
Yang Maha Esa, karena atas berkat dan bimbingan-Nya makalah Grafik
Komputer & Pengolahan Citra yang
bertema “ perbedaan antara Ilmu Grafik Komputer & Pengolahan
Citra“ ini dapat diselesaikan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Aviarini
Indrati selaku Dosen. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Grafik
Komputer & Pengolahan Citra.
Saya menyadari makalah ini belum sempurna.
Saya menyadari makalah ini belum sempurna.
Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan
saran dari para pembaca, demi kesempurnaan pembuatan makalah ini di hari yang
akan datang. Saya ingin mengucapkan terima kasih pada beberapa pihak yang telah
berjasa dalam penyusunan makalah ini. Semoga Tuhan membalas kebaikannya dengan
berkat yang lebih besar. Terima kasih.
Akhirnya kami berharap semoga
makalah ini bermanfaat khususnya bagi kami dan umumnya bagi pembaca.
Depok, 30 September 2015
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Perlu di ketahui bahwa dalam kehidupan
sehari-hari kita tidak terlepas dari grafik komputer dan mungkin pengolahan
citra .Grafik komputer sendiri mempunyai banyak manfaat dan ilmu yang sangat
cepat berkembang pada saat ini dan mungkin masa depan. Perkembangan ini
didukung oleh munculnya prosesor-prosesor komputer yang cepat dan kartu grafik
yang semakin canggih dan hebat.
Sebelum membahas tentang maanfaat ilmu grafik
komputer dan pengolahan citra, saya akan menjelaskan pengertianya. Yaitu
pengertian grafik yang berbeda dengan citra, citra adalah gambar yang diperoleh
dengan alat pengambilan gambar (seperti : mata manusia, kamera, scanner, sensor
satelit, dll). Sedangkan grafik adalah gambar yang dibuat dengan cara tertentu.
B. Teori Dan Landasan Masalah
Adapun teori dan landasan di dalam
penulisan Makalah kami ini adalah sebagai berikut :
1. Pengertian
Ilmu Grafik Komputer & Pengolahan Citra
2.
Perbedaan Ilmu Grafik Komputer dengan Pengolahan Citra
Dari uraian
di atas kami akan semaksimal mungkin untuk menjelaskan definisi – definisi dan
perbedaan Ilmu Grafik Komputer & Pengolahan Citra .
C. Rumusan Masalah
Berdasarkan Penjelasan Latar
belakang di atas di dalam Penulisan Makalah, akan kami angkat permasalahan,
yang terdapat mengenai isi di dalam
makalah yang tercantum di bawah ini :
1. Pengertian
Ilmu Grafik Komputer & Pengolahan Citra ?
2.
Perbedaan Ilmu Grafik Komputer & Pengolahan Citra ?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Grafik Komputer
Ilmu Grafik Komputer atau grafika computer (computer graphics) merupakan
proses untuk menghasilkan atau menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi
obyek maupun latar-belakang yang terkandung pada gambar tersebut dengan
menggunakan komputer. Bentuk dari grafik komputer ini berawal dari grafika
komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer yang kemudian
berkembang menjadi grafika komputer 3D.
Ilmu komputer mempunyai dua cabang ahli yaitu pemrosesan
citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition).
Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Bagian dari grafika komputer meliputi:
1. Geometri
: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
2. Animasi
: mempelajari cara menggambarkan dan
memanipulasi gerakan
3. Rendering
: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek
cahaya
4. Citra
(Imaging) : mempelajari cara
pengambilan dan penyuntingan gambar.
Contoh Grafik komputer dalam kehidupan sehari – hari :
1.
Bidang hiburan,misalkan
pada film,grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik.
Gambar 1
Contoh dalam sebuah Film
2.
Bidang Pendidikan, grafik komputer pada pendidikan
digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat
melalui power point ataupun software lainnya.
Gambar 2 Contoh sebuah Presentasi
3.
Computer Art, Computer
art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil
dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak,
desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop,
Corel Painter, GIMP.
4.
Video
Game, Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi
dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada
perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2
dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource
banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang standalone hingga
online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices.
5.
Computer-Aided Design (CAD), CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam
proses analisis dam desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering.
CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan, mobil,pesawat, komputer,
alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya.
Gambar 5 Contoh Gambar Auto CAD
6.
Computer-Aided Sofware Engineering
(CASE), CASE
mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE
digunakan Dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow
dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi:
Rational Rose, SyBase Power Designer.
7.
Virtual Reality, Virtual Reality
adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat
Berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi.
Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan
memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan.
Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk
latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa
mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih
perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.
8.
Visualisasi Data, Visualisasi Data
adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk
Mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam
mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun nyata sejak permulaan
manusia. Contoh: visualisasi dari struktur protein, strutur suatu website,
visualisasi hasil data mining.
B. Pengolahan Citra
Pengolahan Citra (Image Processing) merupakan
proses memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau
komputer. Teknik pengolahan citra dilakukan dengan mentrasformasikan citra
menjadi citra lain, misalnya: pemanfaatan citra (image compression).
Pengolahan citra merupakan proses awal (preprocessing) dari komputer visi.
Pengelompokkan data numerik dan simbolik (termasuk citra) dilakukan secara
otomatis oleh komputer agar suatu objek dalam citra dapat dikenali dan
diinterpreasi. Pengenalan pola adalah tahapan selanjutnya atau analisis dari
pengolahan citra. Citra ada 2 macam:
1.
Citra Kontinyu. Dihasilkan dari
sistem optik yang menerima sinyal analog. Contoh:
mata manusia, kamera analog.
2.
Citra Diskrit / Citra
Digital dibentuk dari pixel-pixel yang tergabung dalam satu kesatuan yang
membentuk sebuah citra yang hanya dapat dibuka dengan komputerisasi.
Contoh pengolahan citra dalam
kehidupan sehari – hari :
1.
Bidang kesehatan, digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui
ada atau tidaknya kelainan di tubuh.
Gambar 6 Contoh Gambar Rontgen
2. Bidang visual, bisa digunakan untuk pemotretan
lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain.
Gambar 7 Contoh Gambar yang di ambil oleh Satelite
3. Mikroskop elektron adalah salah satu contoh dari
pengolahan citra dalam bidang kedokteran, yang di maksud dengan mikroskop
elektron adalah sebuah mikroskop yang dapat memperbesar detail sangat kecil
dengan kekutan sehingga menyelesaikan tinggi akibat penggunaan elektron sebagai
sumber penerangannya. Pembesaran dalam hal ini di tingkat hingga 2.000.000
kali. Adapun kegunaan dari mikroskop elektron yaitu digunakan dalam
patologi anatomi. Patologi anatomi ini berfungsi untuk mengindentifikasi
organel dalam sel namun kegunaanya telah sangat dikurangi dengan immunhistochemistry
tetapi masih tak tergantikan untuk diagnosis penyakit ginjal, identifikasi
sindrom silia immotile dan banyak tugas-tugas lainnya.
Berdasarkan tujuan
transformasi operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut :
·
Perbaikan
kualitas citra (image enchacement) tujuan memperbaiki kualitas citra
dengan memanipulasi parameter-parameter citra.
·
Pemugaran
citra (image restoration) tujuan menghilangkan cacat pada citra.
Dengan hal ini penyebab degradasi citra diketahui.
·
Pemampatan
citra (image compression) tujuan citra direpresentasikan dalam bentuk
lebih kompak, sehingga dapat mempertahankan kualitas gambar dengan memori yang
lebih sedikit (misalnya .BMP menjadi .JPEG).
·
Segmentasi
citra (image segmentation) tuuan memecah sutu citra ke dalam beberapa
segmen dengan suatu criteria tertentu.
·
Analisis
citra (image analysis) tujuan menghitung besaran kuantitatif dari
citra untuk menghasilkan deskripsinya.
·
Rekontruksi
citra (image reconstruction) tujuan membentuk ulang objek dari
beberapa citra hasil proyeksi.
C. Perbedaan Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Perbedaan antara grafik
komputer dengan pengolahan citra adalah dalam grafik komputer dilakukan proses
untuk menghasilkan suatu gambar dari awal dengan menggunakan komputer. Bentuk
sederhana dari grafik computer adalah garfik computer 2D kemudian berkembang
menjadi grafik computer 3D, pemrosesan citra / image processing dan
pengenalan pola / pattern recognition, contoh : membuat citra
realistik untuk seni, game komputer, foto, animasi komputer, dll).
Sedangkan pengolahan
citra, gambar di input ke dalam proses pengolah citra / gambar yang sudah
tersedia sehingga mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer dengan
melakukan transformasi suatu citra menjadi citra baru yang lain.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan dan saran
Demikianlah makalah yang
saya buat tentang Grafik Komputer dan Pengolahan Citra. Banyak hal yang belum terdokumen dalam makalah
ini, kritik dan dan saran buat kelengkapan makalah ini, sangat saya harapkan. Semoga
dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Apabila ada kata-kata yang kurang
berkenan mohon dimaafkan. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih
Daftar
Pustaka
Terima kasih infonya, artikel menarik lainnya silahkan klik di http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/index-pengantar_komputer_grafik.htm
BalasHapus